Senin, 07 November 2016

Peran Promkes dalam Revitalisasi Taman Posyandu


Refreshing Pembina Taman Posyandu Tahun 2016



Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang Tahun 2016,tanggal 7 November 2016 mengadakan pertemuan Refreshing Pembina Taman Posyandu.Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas taman posyandu yang sudah ada. Terdapat 59 Taman Posyandu yang menjadi fokus dalam revitalisasi ini. Acara ini dimulai dengan registrasi peserta, peserta yang mengikuti pertemuan ini adalah petugas promkes 25 puskesmas dan PLS dari UPT Pendidikan 21 kecamatan. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembukaan, dimana pembukaan ini dilakukan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan,inti dari pembukaan ini adalah harapan bapak sekretaris dinas pendidikan untuk meningkatkan kualitas dari taman posyandu yang ada di Kabupaten Lumajang dengan kerjasama antara puskesmas, UPT pendidikan dan PLKB kecamatan. 

Setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan penyampaian materi "Generasi Cerdas dan Berkarakter dalam Taman Posyandu"oleh Kasi UKM yaitu Ibu Nurul Hanifah S.Pd M.Kes. Dalam materi ini disampaikan tentang Taman Posyandu,kegiatan Taman Posyandu,kendala yang dihadapi Taman Posyandu,pendampingan Taman Posyandu,pelaporan Taman Posyandu,serta peran promkes dalam peningkatan kualitas taman posyandu. Tetapi disini yang lebih ditekankan Ibu Nurul adalah peran Promkes dalam Taman Posyandu yaitu sebagai analisator, fasilitator dan implementator taman posyandu. Analisator adalah tenaga promkes harus mampu melakukan analisa secara komprehensif terhadap pelaksanaan taman posyandu.Secara komprehensif akan tercapai jika analisa minimal dilakukan dengan sistem I.P.O dan akan sempurna jika mengikuti kaidah/sistem PDCA. Fasilitator adalah tenaga promkes harus bisa memfasilitasi kendala-kendala yang ada di taman posyandu, sehingga segera ditemukan solusi dari kendala tersebut.Implementator adalah tenaga promkes harus bisa mengimplementasikan di lapangan hasil dari analisa sehingga nantinya dapat meningkatkan kualitas dari taman posyandu yang ada.  

Setelah penyampaian materi oleh ibu Nurul, penyampaian materi dilanjutkan oleh Bapak Totok dari Kasi Paud dari Dinas pendidikan provinsi jawa timur, materinya berjudul "Menyiapkan Generasi yang Sehat,Cerdas dan Berkarakter melalui PAUD Holistik Integratif". Dalam materi ini disampaikan tentang pengertian PAUD Holistik Integratif, serta manfaat dan implementasi PAUD Holistik Integratif. Inti penyampaian materi ini adalah implementasi PAUD Holisti Integratif yaitu bagaimana layanan pada satuan PAUD yang sudah berjalan diberi tambahan layanan gizi, kesehatan,parenting dan perlindungan. Kemudian bagaimana jenis pelayanan lain yang sudah ada (BKB dan Posyandu)di integrasikan dengan layanan PAUD.

Setelah penyampaian dua materi tadi,acara dilanjutkan dengan diskusi untuk memecahkan masalah-masalah tentang taman posyandu di setiap kecamatan masing-masing.Hasil dari diskusi ini nantinya akan dibahas dan ditindaklanjuti di tingkat kabupaten. Semoga dengan adanya pertemuan ini dapat meningkatkan kualitas taman posyandu di kabupaten lumajang..Amin      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar